Kelimutu, Danau Tiga Warna yang Mendunia

Bookmark and Share

Siapa yang tidak tahu Danau Kelimutu? Danau tiga warna ini adalah salah satu pesona Flores, NTT. Warna hitam, biru tua, dan biru di danaunya, serta cantiknya sunrise di sana, mampu mencuri perhatian traveler di seluruh dunia.

Indonesia dianugerahi kecantikan alam yang luar biasa. Dari Sabang sampai Mearuke, ada banyak pesona alam yang memesona bagi traveler. Danau Kelimutu di Flores, NTT, adalah salah satunya. detikTravel pun berkesempatan memandangi danau tiga warna ini dari dekat beberapa waktu lalu.

Danau Kelimutu menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Kelimutu (TNGK). Sebenarnyan ini bukanlah sebuah danau, tapi melainkan sebuah kawah yang berada di Puncak Gunung Kelimutu, Ende, NTT. Akan tetapi, kawah yang menyerupai danau ini mempunyai keunikan berupa tiga warna yang berbeda di sana. Keren!



Warna ketiga danau ini tidaklah sama, melainkan berbeda-beda. Inilah keunikannya. Menurut pemandu wisata Kelimutu, danau ini merupakan tempat berkumpulnya arwah para leluhur. Masing-masing danau pun memiliki nama yang berbeda berdasarkan warna dan mitos yang ada di dalamnya.

Danau pertama yang pertama dilihat adalah Danau Tiwu Ata Mbupu. Danau ini memiliki warna hitam dan dipercaya sebagai tempatnya arwah para orangtua dan tukang tenun.



Di belakang Danau Tiwu Ata Mbupu, ada dua danau yang bersebelahan, yaitu Danau Tiwu Ata Polo dan Danau Tiwu Nuamuri Koofai. Danau Tiwu Ata Polo dulu berwarna merah, namun sekarang memiliki warna hijau muda. Masyarakat sekitar percaya kalau arwah yang menempati danau ini adalah arwah para orang jahat.

Terakhir adalah Danau Tiwu Nuamuri Koofai. Danau ini merupakan tempat berkumpulnya arwah anak muda yang meninggal. Penduduk sekitar percaya kalau orang anak muda yang meninggal ini merupakan orang baik.


Terlepas dari itu, Danau Kelimutu menawarkan sajian alam yang sungguh memesona. Dibutuhkan perjuangan melewati banyak anak tangga untuk tiba di puncak gunungnya. Akan tetapi, perjuangan anda akan dibayar dengan impas. Tiga danau cantik di puncak Gunung Kelimutu ini menjadi pemandangan yang sangat cantik

Udara yang segar dan pepohonan yang masih hijau dan asri, akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Keluarkan kamera dan abadikan keindahannya!

Ingin melihat sensasi lainnya dari tempat ini? Datanglah di pagi hari. Sunrise atau pemandangan matahari terbitnya akan menjadi sajian pagi hari yang spesial untuk Anda. Sang Surya yang bercahaya, terlihat menyinari setiap sudut puncak gunungnya. Suasana pagi hari yang tenang pun menjadi pelengkap yang spesial.

Untuk menuju Danau kelimutu, Anda bisa ikut bus yang biasanya telah disiapkan oleh penginapan di sekitar kawasan Kelimutu. Nantinya, bus ini akan mengantarkan Anda sampai titik pendakian. Buktikan sendiri pesona Danau Kelimutu yang mendunia ini!

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar