9 Pesawat Ini Dicat Warna-warni

Bookmark and Share

Kalau desain bagian luar pesawat biasanya minimalis, lain halnya dengan 9 pesawat ini. Dari seni Aborigin sampai Hello Kitty, inilah 9 pesawat yang dicat warna-warni.

Siapa yang tak kaget melihat pesawat bertubuh warna-warni parkir di bandara? Pesawat-pesawat ini pasti mengambil atensi para penumpangnya, bahkan semua orang yang ada di bandara. Dilansir dari situs CN Traveler, Jumat (28/9/2012), inilah 9 pesawat yang dicat warna-warni:

1. British Airways (Golden Dove)



Menyambut Olimpiade London yang berlangsung beberapa waktu lalu, British Airways mengecat 9 pesawat Boeng 319 mereka dengan motif burung merpati. Badan pesawatnya dipoles warna emas sebagai penanda bulu di tubuh burung merpati. Moncong pesawat didesain mirip dengan paruh burung. Sayap dan buntut pesawat juga didesain mirip dengan bagian tubuh merpati.

2. Turkish Airlines (Globally Yours)

Bayangkan foto 17.000 orang berbeda menutupi seluruh tubuh pesawat. Inilah yang dilakukan Turkish Airlines pada pesawat Boeng 737-800 mereka. Dengan tagline "Globally Yours" yang ditulis di sisi pesawat, maskapai ini punya satu pesan. Pegawai mereka bisa saja sedang bekerja di berbagai belahan dunia!

3. Kulula (Flying 101)



Para penumpang memang tak perlu mempelajari bagian dalam pesawat. Tapi maskapai asal Afrika Selatan, Kulula, membuat gambar diagram di tubuh pesawat mereka yang menunjukkan area-area di dalamnya. Hijau menjadi warna dasar pesawat ini, dengan tulisan berwarna putih. Masing-masing tulisan disertai tanda panah ke area bersangkutan. Ada seats, engine 1, black box, sampai jump seat! Keterangan di dekat jendela pilotnya bertuliskan "Captain, my captain".

4. Qantas Airways (Dreaming Planes)

Dari pertengahan 1990-an, maskapai asal Australia yakni Qantas telah memperkenalkan budaya asli benua tersebut kepada wisatawan. Mereka mengecat tubuh pesawat dengan gambar ornamen dan kesenian khas Australia.



Pada 1994 misalnya, "Wunala Dreaming" menjadi tema di pesawat Boeing 747-400 dengan menampilkan motif asli suku Aborigin. Pada 2002, "Yananyi Dreaming" memperlihatkan gambar Uluru (Ayers Rock) yang ada di tengah-tengah benua Kangguru tersebut. Maskapai ini berencana menampilkan lagi kekhasan Australia pada akhir 2013 mendatang.

5. Vueling (Air Gallery)

Dalam merayakan penumpang yang mencapai 50 juta orang, maskapai asal Spanyol yakni Vueling mengadakan kuis gambar Instagram. Foto-foto tersebut berupa destinasi wisata di berbagai rute tujuan Vueling. 50 Pemenang dengan gambar Instagram terbaik ditempel ke badan pesawat, membentuk kata "thanks!" di satu sisi pesawat dan "gracias" di sisi lainnya.

6. AirAsia (100th Airbus A320)



Dalam menyambut tahun naga air yang jatuh pada tahun ini, AirAsia mengecat pesawat Airbus A320 miliknya dengan motif naga. Butuh 20 seniman yang mengecat tubuh pesawat ini menggunakan 150 galon cat air.

7. Air New Zealand (All Black Plane)



Selandia Baru tak main-main dalam menyemangati tim rugby mereka, The All Blacks, dalam kompetisi World Champion. Buktinya, maskapai Air New Zealand mengecat bagian luar Boeng 777-300 ER dengan warna hitam. Akhir tahun ini rencananya Air New Zealand akan menampilkan tema The Hobbit, yang objek wisatanya sedang populer di negara tersebut.

8. Eva Airways (Hello Kitty Jets)

Inilah pesawat yang sedang terkenal di kalangan wisatawan, sekaligus pesawat paling imut di dunia. Hello Kitty Jets, milik maskapai asal Taiwan yaitu Eva Air, punya gambar Hello Kitty di bagian luar pesawatnya. Tak hanya itu, fasilitas yang ada di dalam pesawat juga penuh gambar Hello Kitty!

9. Alaska Airlines (Spirit of Alaska Statehood)

Kapan lagi melihat desain anak sekolah terpampang besar-besar di badan pesawat? Pada 2009, Alaska Airlines 'menggambar' motif di pesawat mereka dengan desain seorang anak sekolah berusia 16 tahun. Sang anak asal Kota Sitka itu memenangkan kompetisi yang diadakan oleh Alaska Airlines, dan menyingkirkan ribuan peserta lain.

Tampak di badan pesawat seekor hiu yang sedang tersenyum, seorang pria bermantel di bagian buntut pesawat, juga tulisan "We're all pulling together" di sisi pesawat itu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar